"JANTUNG PISANG" MUNGKIN ANDA BELUM PERNAH MERASAKAN RASANYA,TAPI COBALAH BACA ARTIKEL INI SAYA YAKIN ANDA AKAN TERTARIK,KARNA BAHAN KULINER INI SANGAT BERMANFAAT.( Tolong Bantu Bagikan Ya..! )


Tanaman pisang biasanya semuanya bagiannya dapat dipakai. Dari akarnya yang dapat menjadikan krupuk, lalu batangnya yang dapat dimasak, lalu daunnya sebagai pembungkus makanan dan buahnya yang dapat dikonsumsi dengan kandungannya yang baik kesehatan. Tetapi, tahukah apabila ada sisi dari pisang yg tak kalah bermanfaat untuk kesehatan, yakni jantung pisang.

Jantung pisang tidak ada di dalam batangnya, namun di luar dari batang, lebih tepatnya menggantung berbarengan buah pisang. Jantung pisang tersebut yang tempat buah pisang berasal, bila diliat akan ada bentuk pisang kecil berbunga di dalam masing-masing segi jantung pisang.
Menurut ahli farmasi Alkhamudi SSI Apt mengemukakan jantung pisang berguna hampir sama juga dengan pisang. Jantung pisang mempunyai kandungan bermacam zat yang baik untuk kesehatan, seperti protein, mineral, kalsium vitamin, dan kandungan serat cukup tinggi.

Berdasar pada hasil penelitian, tiap-tiap 25 gr jantung pisang mempunyai kandungan 31 kkal kalori, 1, 2 gr senyawa protein, 0, 3 gr lemak dan 7, 1 gr zat karbohidrat. Jantung pisang juga mempunyai kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan mineral paling utama seperti fosfor, kalsium dan Fe (zat besi). Bukan hanya itu, bunga pisang mempunyai kandungan saponin yang berperan turunkan kolesterol dan tingkatkan kekebalan badan serta menghindar kanker. Jantung pisang mempunyai kandungan flavonoid yang berperan antiradikal bebas, antikanker, dan antipenuaan. Selain itu juga mempunyai kandungan yodium yang bisa menghindar penyakit gondok.

 " Dengan kata lain, jantung pisang yaitu satu di antara bahan pangan yang memiliki kandungan nutrisi paling komplit, menyehatkan, dan jadi satu di antara alternatif obat, " kata alumnus UGM itu.

Dilihat dari kandungan itu, jantung pisang demikian baik dikonsumsi orang yang tengah diet rendah lemak. Satu di antara manfaat jantung pisang yakni berikan efek kenyang lebih lama di banding dengan nasi dan makanan lain.

 " Orang yang tengah melakukan program diet pas mengkonsumsi jantung pisang. Bukan sekedar berikan rasa kenyang lebih lama, jantung pisang mempunyai kandungan fiber tinggi sampai berguna memperlancar pencernaan dan menyehatkan perut, " kata Kepala Seksi Perbekalan Farmasi Sisi Penunjang dan Sarana RS Kariadi Semarang itu.

Alkamudi menerangkan kandungan indeks glemik (GI) jantung pisang termasuk juga rendah. Karena itu jantung pisang demikian cocok dikonsumsi pasien diabetes. Tahrom (32), misalnya, sejak mulai setahun lalu dinyatakan menderita diabetes. Walau termasuk juga enteng, dia tetaplah harus mengatur pola makan agar tak menjadi-jadi. Atas saran rekan dia memasukkan jantung pisang dalam menu makan. Walaupun tak tampak segera, bapak dua anak itu begitu rasakan faedah jantung pisang. " Ya, memang tidak segera mengobati. Namun gula darah saya bisa lebih terkontrol. Itu satu di antara menu diet saya. Kecuali murah juga enak, " papar Tahrom.

Berbagai zat yang dimiliki jantung pisang itu berguna juga untuk menghindar perdarahan pada otak, baik dari jantung maupun pembuluh darah. Apabila dikonsumsi secara teratur, jantung pisang bisa membantu menyingkirkan serangan penyakit jantung dan stroke. Biasanya stroke karena oleh penyumbatan pada saluran darah, sampai peredaran darah tidak lancar. Walau sesungguhnya, darah yaitu penyalur nutrisi paling utama untuk badan. Segi yg tidak dialiri darah karena penggumpalan akan jadi kering dan mengakibatkan kehilangan manfaat dalam membuat perlindungan keseimbangan badan. Karena itu mengkonsumsi jantung pisang bisa bikin lancar aliran darah karena berupa antikoagulan yang menghindar penggumpalan dalam darah.

Bukan sekedar kasiatnya yang demikian bermanfaat untuk kesehatan, jantung pisang apabila diolah jadi makanan rasa-rasanya tak kalah enak di banding makanan yang umumnya kita dapat dengan harga mahal. Rasa-rasanya gurih dan manis, apabila diolah dengan benar bakal bercita rasa tinggi dan maknyus nikmatnya.

Namun tak semua jantung pisang dapat diolah jadi makanan. Misalnya, jantung pisang pohon pisang ambon agak pahit karena mempunyai kandungan banyak tannin. Karena itu, gunakan jantung pisang kepok, pisang batu, pisang siam, atau pisang kluthuk. Masing-masing jenis jantung pisang di kenali memiliki rasa gurih dan nikmat karena mempunyai kandungan senyawa protein tinggi sampai bisa mengalahkan rasa pahit dari tannin.

Sebagian orang mungkin saja belum tahu bila jantung pisang dapat diolah jadi acar, ulam, sayur lodeh, digulai, ditumis, dendeng, sate, abon, urap dan banyak lagi.

Nah ini salah satunya langkah bikin Gulai Jantung Pisang, yang layak Anda cobalah di rumah :

Masakan Gulai Jantung Pisang Lezat

Bahan
1 buah jantung pisang batu
2 sdm minyak goreng
500 ml santan kental dari 1 butir kelapa
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
3 lembar daun jeruk
2 sdm air asam jawa

Haluskan
5 cabai merah besar
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdt garam dan 1/2 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir

Cara Membuat

Buang kulit luar jantung pisang, lalu potong jadi dua memanjang, lalu irislah tipis dan bersihkan bersih. Rebus sampai layu, angkat, tiriskan.

Panasi minyak goreng, tumis bumbu halus sampai harum, input salam, lengkuas, dan daun jeruk. Input santan, masak hingga bumbu rata dan kuah menyusut. Berikanlah jantung pisang, masak sebentar, angkat.
Sajikan dengan nasi putih.
untuk 6 orang
Sebelum diolah jantung pisang dibuang dulu kelopak luar yang berwarna merah, sisakan yang berwarna putih kekuningan, bersihkan bersih untuk lantas cincang/irislah halus. Untuk singkirkan getahnya, dan rasa sepatnya cukup dikukus, direbus sebentar ataupun direndam dengan air sebelum di proses.

Cara Mengolah Jantung Pisang Untuk Sebagai obat Penyakit :

Mengolah jantung pisang demikian mudah. Kupas kelopak luar sampai tersisa segi dalam yang berwarna putih kemerahan. Bersihkan bersih, irislah memanjang, dan terakhir bersihkan kembali hingga bersih serta rebus.

 1. Malaria

Penyakit yang termasuk juga memiliki resiko ini datang dari nyamuk, sampai diperlukan pengobatan yang segera menyembuhkan virus melalui cara :

Ambillah 1 buah jantung pisang ambon dan asam jawa terlebih dahulu
Lalu, kupas kulit luar buah jantung pisang ambon
Timbun dalam bara api selama 30 menit
Parut atau tumbuk sampai lumat
Peras airnya dan saring
Input air perasan dalam gelas, berikanlah sedikit asam
Lalu, minumlah air ramuan itu pagi hari terlebih dulu sarapan. Lakukan sejumlah 1 kali dalam sehari untuk mengobati penyakit malaria.

2. Mengobati Diare

Diare yakni permasalahan pencernaan yang seringkali berjalan, namun kita tak selamanya harus mengkonsumsi obat-obatan untuk mengatasinya. Manfaat jantung pisang ini dapat digunakan untuk mengobatinya, caranya :

Pertama-tama, bakar jantung pisang dalam bara api sampai dalamnya masak
lalu ambil yg tak hangus
berikanlah bumbu urap menggunakan kelapa muda
Lalu, santap urap jantung pisang seperlunya
Lakukan hal itu sampai diare sembuh
 2. Stroke

Gunakan satu buah jantung pisang ambon. Rebus dengan air seperlunya. Peras dan ambil sarinya, kemudian minum 2 x sehari.

Semoga bermanfaat, salam sehat untuk Anda dan Kelaurga

0 Response to ""JANTUNG PISANG" MUNGKIN ANDA BELUM PERNAH MERASAKAN RASANYA,TAPI COBALAH BACA ARTIKEL INI SAYA YAKIN ANDA AKAN TERTARIK,KARNA BAHAN KULINER INI SANGAT BERMANFAAT.( Tolong Bantu Bagikan Ya..! )"

Posting Komentar