Jangan lewatkan Gerhana Matahari Total 9 Maret, 11 wilayah dilintasi


Fenomena gerhana matahari keseluruhan (GMT) bakal berlangsung pada 9 Maret 2016. Momen alam tak biasa ini berlangsung karena posisi matahari, bln. serta bumi ada pada satu garis.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Andi Eka Satya, menyampaikan GMT diperkirakan akan melintasi sebelas lokasi di Indonesia. Sebelas lokasi itu diantaranya, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah serta Maluku Utara.

 " Dampak dari GMT ini, lokasi yang dilintasi akan terkena bayangan gelap bln., " kata Andi di Kantor BMKG, Jakarta, Kamis (11/2).



Gerhana matahari Maret 2016 timeanddate. com

Fenomena ini tak terjadi di belahan dunia lain. Itu penyebabnya BMKG bakal mengoptimalkan persiapan untuk tahu peristiwa ilmiah yang akan terjadi hanya di Indonesia ini. BMKG mengharapkan masyarakat memanfaatkan insiden tersebut dengan mengambil segi ilmiahnya.

 " Bila ada gerhana matahari dahulu kita malah disuruh untuk tinggal dirumah. Namun ini fenomena ilmiah yang terjadi, malah kita mengimbau untuk lihat fenomena yang terjadi, " tuturnya.

GMT, kata Andi terjadi ketika bln. perlahan-lahan menutupi piringan matahari. Makin lama ruang piringan matahari makin besar serta selalu tertutupi.

Setiap gerhana mempunyai type serta pola spesifik yang tidak sama dengan type gerhana di lain waktu. Sesaat langkah piringan bln. menutupi matahari ada juga polanya sendiri. Dalam pengetahuan astronomi di kenal dengan siklus Saros yaitu periode 18 th. 11 bln. 8 jam, siklus ini untuk memperkirakan terjadinya gerhana matahari dan gerhana bln..

0 Response to "Jangan lewatkan Gerhana Matahari Total 9 Maret, 11 wilayah dilintasi"

Posting Komentar